Preparation Jalan-Jalan ke Jepang

FullSizeRender (5)

Jadi setelah kita balik dari Bali dan teman-teman sudah kembali ke negaranya masing-masing. Gue and hubs rencana pergi liburan (honeymoon part II) ke Jepang pas Sakura season di bulan April. Ceritanya gue dulu pas gue masih tinggal di Amrik hampir tiap tahun ke Washington DC buat jalan-jalan di tepi sungai Potomac sambil foto dibawah pohon sakura, dan hubs did the same thing waktu dia masih tinggal di New Zealand.

Nah alangkah senangnya kalau kita berdua menikmati bunga sakura di negara asalnya, yang kebetulan kita berdua belum pernah kesana. Ketika mulai ngerencanain liburannya, kita sempet cek ke beberapa travel agent karena awalnya gue usulin supaya kita pakai tour aja biar gampang dan ga pusing. Lagian, kita berdua kan ga bisa bahasa jepang dan konon di jepang orang2nya ga byk yang bisa bahasa inggris. Dari pada nyasar ga karuan, mending kita ikutan tour!

Tapi setelah banding sana sini dan liat list itinerarynya kok kita ga selera banget ya.. dan lagi gue sempet tanya ke orang travelnya bisa tau ga orang-orang yang ikutan tour ini umurnya kisaran berapa? karna gue jujur agak males kalo tau2 kita dimasukin tour yang isinya orang2 tua semua (no offense).

Setelah banyak pertimbangan, akhirnya kita putuskan untuk jalan sendiri alias beli tiket sendiri, cari hotel sendiri, beli tiket kereta sendiri, beli tiket lain2 sendiri.. pokoke serba sendiri! Sebetulnya gue mayan ngeri sama keputusan ini, tapi beberapa sahabat gue yang udah pergi ke Jepang di awal tahun pada memberikan support dan banyak referensi hasil liburan mereka yang juga jalan sendiri tanpa tour, gue memberanikan diri untuk memulai planning liburan kita di jepang selama 11 hari.

Posting agak panjang karena penuh informasi (text-heavy), kalo masih interested to read silahkan click read more.

The real preparations yang harus diperhatikan adalah:

• Tiket pesawat dan itinerary

• Tiket-tiket lain. Kita kemarin beli tiket JR Pass yang 7 hari, tiket Universal Studio Japan, dan tiket Disney Sea semua di JALAN TOUR. Untuk JR Pass (karena diciptakan hanya untuk tourist), hanya bisa dibeli di negara masing2, di Jepangnya sendiri ga akan dijual. Jadi untuk temen-temen yang memang rencana pakai JR Pass selama di Jepang, jangan lupa beli dulu di Indonesia ya.

• Tuker mata uang Yen. Bikin kalkulasi kasar kira-kira berapa pengeluaran yang akan di keluarkan selama perjalanan, jadi bisa kira-kira berapa jumlah uang yang harus ditukar.

• Cek semua konfirmasi hotel yang sudah di-book

• Visa ke Jepang atau registrasi waiver visa untuk pemegang e-passport

• List tempat-tempat yang ingin dikunjungin.

Berikut adalah Simplified itinerary gue selama 11 hari di Jepang:

DAY 1

• Flight from CGK to HND

• Arrived in HND at 9.50 pm – pick up luggage and find free shuttle from the airport to the Hotel

• Check in to hotel and ask receptionist for the pocket wifi device delivery.

DAY 2

• Check out from hotel and take the shuttle back to Haneda Airport.

• Find JR Office to exchange JR vouchers to 7-day JR Pass

• Haneda Airport International Terminal - JR EAST Travel Service Center

• (Tokyo Monorail 2F Ticket Gate/Arrival lobby) Office hours: 7:45-18:30

• Book Shinkansen train to Osaka

• Buy SUICA card for subway

• Take train & shinkansen from Haneda to Osaka

• Arrived in Osaka then walk to the hotel and check in

• FREE TIME in Osaka:

DAY 3

DAY 4

DAY 5

DAY 6

DAY 7

• Check out from Hotel in Osaka

• Take Shinkansen from Osaka to Tokyo (Shinjuku)

• Take free shuttle dari Shinjuku Station ke Hotel in Shinjuku

• Check in hotel in Tokyo (Shinjuku)

• Free time in Shinjuku

DAY 8

DAY 9

DAY 10

• Take shuttle from Haneda Airport to Disney Resort

• Disney Sea Full Day (1 Day Passport) 8 am - 10 pm

• Take shuttle from Disney to Haneda in the evening

DAY 11

• Check out from Hotel

• Check in flight HND-CGK

Semoga info ini bisa membantu untuk teman-teman yang lagi/akan planning untuk jalan-jalan liburan ke jepang sebagai gambaran tempat-tempat mana saja yang bisa dikunjungin. Selama di jepang 11 hari, gue sempetin ke Osaka, Kyoto, Nara dan Tokyo. Sebenernya masih banyak lagi yang pengen di explore tapi apa daya jatah cuti pun sudah habis temans! Maybe next time kita bisa kesana lagi ya :)

Untuk lebih detailnya, nanti gue akan posting beberapa tempat (gak semua yak!) yang menurut gue bagus untuk dikunjungin.