Venue Pernikahan di Jakarta

Sebenernya gue mau post ini dari minggu lalu. Tapi apa daya jika sakit melanda, weekend pun ga bisa ngapa-ngapain. Masih dengan edisi kawinan! Kali ini gue mau ngebahas tentang pemilihan venue. Aktifitas pemilihan venue biasanya adalah step pertama untuk persiapan pernikahan. Tapi sebelum bisa "venue shopping" idealnya kita sudah mempunyai suatu angka budget, tema dan juga jumlah tamu yang akan diundang (kira-kira aja). Kalau 3 poin ini sudah ada infonya, akan jauh lebih mudah untuk pemilihan venue karna bisa langsung 3 poin itu akan menjadi filter pengerucut pilihan. Untuk pernikahan kita sendiri, gue memang mau venue semi-outdoor. Jadi untuk post ini gue akan share venue-venue apa saja yang gue survey saat pemilihan venue pernikahan gue dengan opini pribadi gue.

1. Pondok Indah Lestari Ini adalah venue pilihan pertama kita. Awalnya kita mau langsung book DP tanggal karena lokasinya deket sama rumah gue. Tapi beberapa minggu ke-depan kita sempet diundang ke pernikahan yang di venue ini dan banyak hal yang lumayan bikin kita ilfil.

Parkiran. Waktu ngeliat betapa repotnya parkiran di luar jalanan untuk tamu. Parkiran dalem cukup terbatas sehingga biasanya dipakai untuk keluarga dan panitia. Parkiran alternative ada di gedung BCA di seberang venue tapi gue ngerasa di bagian luar agak gelap untuk tamu jalan kaki dari area parkiran di jalanan ke dalam venue.

Hujan. Sebetulnya waktu kita kesana gak hujan, tapi hujannya siang-sore. Cuman ternyata efek hujan di siang hari itu bikin tanah dan rumput becek banget. Dan bayangin aja tamu yang jalan-jalan di rumput yang basah dan jeblos terus naik ke lantai lagi. Berantakan banget dan lantai juga jadi kotor. Horror!

2. Zerah Senayan Pilihan ke-dua adalah Zerah Senayan. Lokasinya ada di sebrang Plaza Senayan - cukup strategis dan parkiran cukup luas. Kenapa kita ga pilih ini? Full Outdoor. Venue ini bener-bener full outdoor. Jadi itu terserah kita apakah kita mau bikin atep sendiri (dari pihak dekor) atau gimana. Tapi yang jelas itu bener-bener outdoor. Horrornya, kita tanya kalau nanti hujan gimana? Ada Plan B, yaitu memindahkan tamu ke gedung senayan golfnya di dalam restaurantnya yang besar. Cuman permasalahannya yang dipindahin hanya tamunya, makanannya ngga. Aneh ya? Karena Plan B ini sifatnya hanya temporary dengan anggapan hujan hanya sesaat dan nanti setelah hujan reda tamu bisa kembali ke area outdoor.

3. Hotel Sultan Nah Hotel Sultan (dulu Hotel Hilton), punya area besar di tengah propertynya di dekat kolam renang. Disini bisa dipakai untuk wedding outdoor. Alesan kenapa ga pilih venue ini: Panas. Lokasi outdoornya bener-bener di tengah2 property dikelilingi gedung hotelnya, udara agak pengap dan panas karena ga ada angin ngalir. Jadinya ga enak banget hawanya apalagi kalo tamunya banyak. Sama kaya Zerah Senayan, area ini full outdoor. Jadi pihak dekor nantinya yang akan pasang atap sesuai request kita. Meskipun kalau hujan pun gampang ke area indoornya (hotel) dibandingin sama Zerah Senayan yang jaraknya cukup jauh dari area outdoor ke gedung Senayan Golfnya. Gelap. Ini personal preference banget ya, tapi menurut gue areanya cukup gelap even ketika lampunya sudah dinyalain.

4. Hotel Dharmawangsa Menurut gue venue ini keren banget, cuman harganya memang cukup WOW. Disayangkan ketika kita kesana untuk survey mereka lagi me-renovasi ball-room dan bagian outdoornya. Sehingga mereka ga bisa confirm kapan venuenya akan selesai untuk renovasi. Menurut gue Hotel Dharmawangsa agak over-rated. Memang keren tapi tanpa heavy dekor, venuenya sih biasa aja. Kalo ga salah mereka provide valet service which is beneficial untuk tamu ga perlu repot cari parkir. Cuman malesnya nanti pas mau pulang, antri ambil mobil valetnya juga WOW. Entah lah mungkin kita gak jodoh.

5. Financial Hall Nah ini adalah tempat venue yang akhirnya kita pilih untuk menjadi tempat pernikahan kita. Lokasinya di-dalam gedung Graha CIMB Niaga di Jalan Sudirman. Jadi sangat Strategis. Parkiran luas karena dapat kapasitas parkir gedung Graha CIMB Niaga. Semi-Outdoor, seperti yang kita mau. 1/3 area ballroom tertutup, 2/3 area outdoor dengan atap tenda yang memang sudah include di paket sewa venuenya. Jadi venue ini memang cocok banget sama apa yang kita cari.

Maaf ya disini ga posting foto-foto apapun untuk mengilustrasikan venue masing-masing. Tapi gue yakin kok temen-temen kan smart reader jadi bisa langsung google image atau langsung datang ke tempatnya.  Again, kalau ada yang pengen nanya-nanya silahkan aja ya email langsung ke saya.

Adios,

S

No comments

Professional Blog Designs by pipdig