Post Pregnancy Health Journey

Oh I miss you blog. so. much. *cry*

Rasanya pengen ngupdate segala-galanya tapi coba kita fokus dulu sama sharing soal kesehatan gue deh ya.. soalnya persis tahun lalu (2016) gue dirawat di rumah sakit yang lumayan lama. Gue nulis post ini berat banget dan selama ngetik pun perasaan yang dulu-dulu jadi kebawa lagi.. so painful to write tbh. But I felt like this is a "once-in-a-lifetime" experience that must be recorded in a form that I can always look back.

It's time to recap and reflect!


Secara garis besar, setelah gue lahiran dengan C-Section tahun lalu, recovery gue termasuk yang agak lama. Kamar tidur di rumah gue ada di lantai 2 dan gue inget sampe bulan ke-2 itu gue jarang sekali turun ke bawah, selain kalau mau pergi ke RS check-up. Sehari-hari pada jam makan, makanan dibawain ke kamar, dan juga kalo Eric mau nyusu, biasanya dia "diambilin" dan "dikasih" ke gue yang di tempat tidur. Pompapun.. biasanya di kamar dan botol-botol diambilin buat ditaro di kulkas di bawah. Ga terlalu banyak kegiatan secara fisik karena emang perut gue masih sakit.




Digabung dengan Eric yang alerginya banyak sekali, gue pun juga banyak pantangan makannya untuk bisa tetep nyusuin dia. Jadi "kesenangan" makan enak yang gue suka denger dari kebanyakan busui pun gue ga bisa rasain.


Dengan kondisi recovery gue yang seperti itu, ketika Eric usia 7 minggu, gue kena DBD. Bayangin dong gue yang masih recovery lahiran harus dirawat seminggu di RS. Gue masih inget banget itu kejadian pas bulan puasa. Bokap gue setiap hari bolak balik ke RS karena harus ngambil ASIP untuk Eric. Nyokap dan suami gue yang ngantor, dan selalu ada acara buka puasa bersama, dan Ibu dan Bapak mertua nginep di rumah gue jagain Eric. Alhasil 90% of the time ya sendirian aja ditemenin suster-suster yang baik hati. Bantuin gue bolak balik ke toilet (karena di-infus dan minum air berliter-liter harus pipis tiap jam deh kayanya). At that point I think I hit my lowest state of sanity (ngetiknya aja masih sedih nih).

Fast forward 3 bulan, gue sudah mulai balik kerja di kantor dengan aktifitas breastfeeding working mom pada umumnya yaitu dengan diiringi aktifitas pumping 2x sehari.

duduk-duduk setelah pulang kantor

Yang gue rasakan saat-saat itu adalah badan gue capek banget setiap hari. Sampe rumah itu kadang udah ga bisa ngapa2in. Super capek. Cuman tiap kali gue bilang capek, teman-teman dan keluarga selalu bilang namanya juga udah "ibu2". Badan sebelum sama sesudah melahirkan itu beda lho! Dan omongan2 itu resonate deeply di gue. Apa iya gue yang lebay?

At that time, I lost almost all my pregnancy weight altogether secara natural tanpa diet. Even though bentuk badan sudah tidak sama, tapi secara berat badan sudah kembali ke pas sebelum hamil (bukan pas nikah yaaaaaaa). Nah disini gue mulai ngerasain sakit di kedua telapak kaki terutama ketika bangun setelah tidur. Saking sakitnya kalo pagi-pagi gue bangun terus jalan tuh harus jinjit2 gitu. Dipriksa sama teman nyokap yang dokter saraf dibilang kaki gue itu kena plantar faciitis. Most likely cause nya karena ketika hamil gue naik berat badannya terlalu banyak (21kg) dengan kurun waktu yang cukup singkat. Efeknya baru kerasa sekarang meskipun berat badan sekarang sudah kembali normal.

Remedy saat itu yang gue ambil adalan olah raga pilates untuk banyak stretching terutama di bagian kaki. Dan dengan harapan badan gue jadi lebih segeran karena ada olah raganya. Cukup membantu dan sekitar sebulanan rutin pilates rasa sakit di kaki agak berkurang dan badan makin enakan.


Seiring waktu, selain rasa capek dan kaki sakit, gue juga sering banget ngerasa kembung di perut, dan biasanya kalo kembungnya ga ilang-ilang, larinya ke sakit kepala dan mual-mual. Kondisi perut makin lama makin sering kambuh dan gue makin sering ga masuk kantor. Ga hanya ga masuk kantor, gue pun ga bisa ngurus Eric karena mual dan sakit kepalanya cukup parah.

Akhirnya suatu malem setelah ga masuk kantor beberapa hari... gue kesakitan kepala gue sampe gue memutuskan untuk ke UGD jam 4 pagi. Ketika gue sampe UGD tensi gue tinggi banget (hipertensi) karena gue nahan sakit kepala yang sudah berhari-hari (minum obat panadol gitu ga ngefek). Di UGD gue hanya dikasih obat sakit kepala (semacan pain killer), mual dan vitamin lewat infus, dan pas pulang diresepin obat sakit kepala, obat mual dan obat penurun tensi darah.

Dokter ga bisa menjelaskan kenapa gue bisa sampe begitu... cuman dibilang kalau kambuh lagi harus ke internis...

Fast forward 1 minggu gue balik lagi masuk UGD dengan kondisi yang sama. Akhirnya suami ngotot minta dokter internis gastro untuk datang ke UGD untuk priksa. Setelah dokter internis priksa gue langsung dirawat inap dan besoknya CT Scan abdominal area dan ternyata gue ada batu besar di kantung empedu gue dan harus diangkat. But not only that, (meskipun ga terlalu kelihatan dari hasil foto CT Scan), dokter gastro gue yakin betul kalo symptom-symptom gue itu ada efek dari pembengkakan usus buntu juga. Intinya gue harus dioperasi dan perjanjiannya ketika operasi laparoscopy prioritas utama adalah mengangkat kantung empedu beserta batunya, prioritas kedua adalah cek kondisi usus buntu dan bila secara medis diperlukan maka akan diangkat juga.

Gue udah pasrah, masuk ruang operasi yang sama ketika gue operasi C-Section, gak lama gue dibius total dan pas bangun nyokap bilang kalau both kantung empedu dan usus buntu gue sudah diangkat semua. So I'm practically 2 organs short yes?

ulang tahun dirayain di rumah sakit

Recovery dari operasi ini juga tidak semulus seperti harapan. Seminggu setelah bedrest di rumah dan cek control ke dokter pasca operasi, gue mulai masuk kantor lagi. Dan efek efek pasca operasinya hit me so hard. Stamina gue turun drastis dan gampang banget kecapekan. Jadinya kalo gue dalam 5 hari (M-F) maksain masuk kantor setiap hari, di weekendnya gue 2 hari ga bisa ngapa2in bener-bener bed rest dan ga bisa beraktifitas sama sekali. Setelah 2-3 minggu kondisi gue ga ada tanda-tanda pemulihan, akhirnya keluarga memutuskan supaya gue berhenti kerja aja dan fokus untuk pemulihan kesehatan gue.

Saat ini gue udah capek banget mentally dan physically. Rasanya ingin menyudahi segala tetek bengek yang berbau medis. Gue cuman pengen sehat lagi dan bisa beraktifitas selayaknya orang normal dan menjadi Ibu yang bisa ngurus anaknya. Suatu hari gue udah lelah, gue yang harusnya masih bed-rest, gue dateng ke kantor untuk submit resignation letter. Tapi gue ngerasa beruntung banget punya boss-boss yang baik dan sangat pengertian malah supportive terhadap kondisi kesehatan gue dan akhirnya gue direkomendasikan agar request unpaid leave sebulan lebih deh.. instead of resigning.

Selama unpaid leave gue 95% di rumah dan ga pergi-pergi kemana2.
Nah proses recovery ini cukup melelahkan secara fisik ya karena urusannya dengan system pencernaan gue yang harus meng-klaribasi ulang tanpa 2 organ tadi. Balik lagi dengan lists of pantangan makanan yang "belum" boleh dikonsumsi, mulai dari yang berlemak-lemak (goreng, makanan yang berkuah dan berkaldu (sop buntut, sop iga, soto, dll) karena efeknya adalah konstipasi atau diare. Berat badan gue turun lumayan banyak banget but not in a good way.

Setelah selesai unpaid leave, pas awal masuk kantor lagi pun gue belum ngerasa 100%. Dan gara-gara kondisi gue ini jumlah ASI gue juga menurun drastis sampe Eric akhirnya ga mau breastfeed langsung ke gue. Pro dan cons. Consnya ya saat itu Eric baru sekitar 10 bulan jadi namanya ibu pasti maunya terus kasih ASI kan... Pro nya ya gue ga perlu pusing mikirin menyapih.

It's been a long journey tapi process pemulihan masih terus berjalan sampai sekarang...
Sekarang ini selain ongoing dietary restriction dan olah raga secara teratur.. I really have to listen to my body.. kalo ngerasa memang sudah capek, I have to stop myself.. and rest. If that means I have to missed many nightouts events, then be it. Gue sekarang harus mementingkan untuk me-maintain kondisi diri sendiri and make sure besok gue bisa beraktifitas normal lagi..

Sekian cerita sharing sendu gundah gue... lega rasanya sudah bisa menuangkan cerita setahun ini..
Resolusi tahun depan cukup dengan hidup sehat dan tidak masuk (nginap) rumah sakit..

Amien!

No comments

Professional Blog Designs by pipdig